Puluhan IRT Ikut Pelatihan Kain Perca

PROKAL.CO, BATULICIN – Puluhan ibu rumah tangga mengikuti Pelatihan Kain Perca yang dilaksanakan di Kantor Desa Manurung Kecamatan Simpang Empat, Selasa (17/4). Pelatihan tersebut menghadirkan nara sumber Arifin, Pendiri Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar di Banjarmasin.

Pelatihan terlaksana berkat kerja sama antara Lembaga Pemerhati Pengembangan Ekonomi Lokal (LP2EL) Kalsel dan PT Minamas Plantation. Hadir dalam pelatihan itu, Wakil Ketua Dekranasda Tanbu Hj Sadariah Sudian Noor, Manager Angsana Estate Mulyojoko, Head Corporate Communication Minamas Elly Mahesa Jenar, Manager CSR Agustiono, Ketua LP2EL Kalsel Sri Hidayah dan Kepala Desa Manurung Rahmad.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Dekranasda Tanbu Hj Sadariah menyambut baik pelatihan tersebut. Menurutnya, melalui pelatihan itu dapat memberdayakan ibu rumah tangga dalam membuat tenun Pagatan. Selain itu, sisa potongan kain tenun Pagatan yang ada bisa digunakan untuk membuat tas, topi, sepatu, kipas dan lain-lain. “Jangan sampai dibuang ya bu. Manfaatkan untuk menjadi barang yang bisa dijual sehingga menambah penghasilan,” katanya.

Dikatakan Hj Sadariah, hasil kerajinan mereka nantinya akan dibawa dalam pertemuan dengan anggota Dekranasda se-Kalsel maupun dalam event-event lain.

Sementara itu, Normiyati dari Desa Mudalang Kecamatan Kusan Hilir mengaku baru pertama kali ikut pelatihan itu. Dia sendiri memang bekerja menjahit baju di rumah setiap harinya. Ikut pelatihan karena keinginan sendiri, bukan dorongan orang lain. Tujuannya, untuk meningkatkan perekonomian warga. “Alhamdulillah kalau bisa menambah penghasilan keluarga,” ujarnya. (kry/ij/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *